Di Jepang - negara yang telah membanggakan diri pada produksi dan
mengekspor budaya sendiri yang fantastis - hiburan Korea telah datang
untuk melahap porsi besar melodrama dan pangsa pasar musik. Tidak hanya
drama Korea sering muncul di TV, namun dalam satu tahun terakhir
kelompok pop Korea seperti Girls Generation dan KARA telah memecahkan
rekor penjualan dan menjadi primetime perlengkapan pada program televisi
Jepang. Hal yang booming di Korea ini bukan hanya tentang unit yang
dipindahkan atau penampilan di acara talk show, media Korea, terutama
musik pop, telah meledak di Jepang karena arsitek K-Pop telah merangkul
segala sesuatu yang ada dalam industri musik Jepang yang telah dijauhi
selama bertahun-tahun.
Korean Wave adalah sebuah fenomena global,
tetapi kedatangannya di Jepang dapat ditelusuri kembali dalam sebuah
acara tentang kehilangan memori. Pada tahun 2003, NHK menayangkan
jaringan drama Korea Selatan ‘Winter Sonata’, berpusat pada sebuah
keajaiban musik yang muncul dari sebuah kecelakaan mobil dengan amnesia.
Acara ini menjadi hit yang mengejutkan, terutama di kalangan wanita
yang lebih tua, mendorong paket tur bertema Winter Sonata dan tur konser
klasik Jepang yang menampilkan musik dari serial ini. Pada tahun yang
sama, K-Pop membuat terobosan besar pertamanya ke Jepang, sebagaimana
penyanyi Korea BoA menaiki tangga musik disana. Dalam bangkitnya BoA,
dua grup Korea yaitu TVXQ dan Big Bang mencapai keberhasilan serupa.
Sejak
itu, K-Pop telah datang untuk menyaingi J-Pop dalam popularitas. Pada
bulan Agustus 2010, KARA dan Girls Generation (juga dikenal sebagai
SNSD, terutama di dunia Barat) ‘menggebrak’ Jepang dengan single mereka,
‘Mister’ dari KARA dan ‘Genie’ dari Girls Generation. Kedua lagu itu
juga telah menjadi hits di Korea negara asal mereka dan setelah
menjalani beberapa terjemahan, terbukti lagu-lagu itu bisa populer di
Jepang. Saat ini, trend pakaian mereka telah menjadi bagian dari
pemecahan rekor penjualan untuk artis asing di Jepang, sementara album
debut mereka semuanya telah disertifikasi sebagai setidaknya platinum.
Album self-titled dari Girls Generation bahkan mendapatkan double
platinum, yang pertama untuk girl group Korea.
Lebih penting lagi,
kelompok pop Korea telah mendarah daging dalam lanskap musik di negara
tersebut. Meski artis Barat seperti Lady Gaga dan Beyonce menjadi
populer di Jepang, mereka pada dasarnya hanyalah pengunjung sekilas,
hanya mampir ketika mereka memiliki album baru. Mereka akan terbang
kesana, melakukan beberapa penampilan TV dan mungkin tur singkat,
kemudian lenyap. Namun, KARA dan Girls Generation ‘menjadi acara reguler
di televisi, baik untuk pertunjukan tunggal atau hanya tampil dalam
versi Jepang Saturday Night Live. Pada tahun 2011, kedua kelompok
merilis lagu-lagu eksklusif untuk pasar Jepang, dinyanyikan seluruhnya
dalam bahasa Jepang (setiap anggota kelompok telah belajar bahasa
Jepang), yang telah dipastikan menjadi populer. Kelompok Korea seperti
2NE1, Brown Eyed Girls, dan 2PM juga akan mengikuti jejak mereka ke
Jepang. 2PM bahkan merilis debut single pertama mereka di nomor 4 dalam
Oricon Charts, sebuah peringkat musik online yang paling menonjol di
negara tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar