Senin, 19 September 2011

Korean Pop Pastikan Diri ‘Taklukkan’ Jepang

Di Jepang - negara yang telah membanggakan diri pada produksi dan mengekspor budaya sendiri yang fantastis - hiburan Korea telah datang untuk melahap porsi besar melodrama dan pangsa pasar musik. Tidak hanya drama Korea sering muncul di TV, namun dalam satu tahun terakhir kelompok pop Korea seperti Girls Generation dan KARA telah memecahkan rekor penjualan dan menjadi primetime perlengkapan pada program televisi Jepang. Hal yang booming di Korea ini bukan hanya tentang unit yang dipindahkan atau penampilan di acara talk show, media Korea, terutama musik pop, telah meledak di Jepang karena arsitek K-Pop telah merangkul segala sesuatu yang ada dalam industri musik Jepang yang telah dijauhi selama bertahun-tahun.
Korean Wave adalah sebuah fenomena global, tetapi kedatangannya di Jepang dapat ditelusuri kembali dalam sebuah acara tentang kehilangan memori. Pada tahun 2003, NHK menayangkan jaringan drama Korea Selatan ‘Winter Sonata’, berpusat pada sebuah keajaiban musik yang muncul dari sebuah kecelakaan mobil dengan amnesia. Acara ini menjadi hit yang mengejutkan, terutama di kalangan wanita yang lebih tua, mendorong paket tur bertema Winter Sonata dan tur konser klasik Jepang yang menampilkan musik dari serial ini. Pada tahun yang sama, K-Pop membuat terobosan besar pertamanya ke Jepang, sebagaimana penyanyi Korea BoA menaiki tangga musik disana. Dalam bangkitnya BoA, dua grup Korea yaitu TVXQ dan Big Bang mencapai keberhasilan serupa.
Sejak itu, K-Pop telah datang untuk menyaingi J-Pop dalam popularitas. Pada bulan Agustus 2010, KARA dan Girls Generation (juga dikenal sebagai SNSD, terutama di dunia Barat) ‘menggebrak’ Jepang dengan single mereka, ‘Mister’ dari KARA dan ‘Genie’ dari Girls Generation. Kedua lagu itu juga telah menjadi hits di Korea negara asal mereka dan setelah menjalani beberapa terjemahan, terbukti lagu-lagu itu bisa populer di Jepang. Saat ini, trend pakaian mereka telah menjadi bagian dari pemecahan rekor penjualan untuk artis asing di Jepang, sementara album debut mereka semuanya telah disertifikasi sebagai setidaknya platinum. Album self-titled dari Girls Generation bahkan mendapatkan double platinum, yang pertama untuk girl group Korea.
Lebih penting lagi, kelompok pop Korea telah mendarah daging dalam lanskap musik di negara tersebut. Meski artis Barat seperti Lady Gaga dan Beyonce menjadi populer di Jepang, mereka pada dasarnya hanyalah pengunjung sekilas, hanya mampir ketika mereka memiliki album baru. Mereka akan terbang kesana, melakukan beberapa penampilan TV dan mungkin tur singkat, kemudian lenyap. Namun, KARA dan Girls Generation ‘menjadi acara reguler di televisi, baik untuk pertunjukan tunggal atau hanya tampil dalam versi Jepang Saturday Night Live. Pada tahun 2011, kedua kelompok merilis lagu-lagu eksklusif untuk pasar Jepang, dinyanyikan seluruhnya dalam bahasa Jepang (setiap anggota kelompok telah belajar bahasa Jepang), yang telah dipastikan menjadi populer. Kelompok Korea seperti 2NE1, Brown Eyed Girls, dan 2PM juga akan mengikuti jejak mereka ke Jepang. 2PM bahkan merilis debut single pertama mereka di nomor 4 dalam Oricon Charts, sebuah peringkat musik online yang paling menonjol di negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO BLOG KEVIN FARELL

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Like Button