Iwan Fals bersama Sastro Al Ngatawi tampil di Pondok Pesantren (Ponpes) As Shidiqi Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad malam melaksanakan konser bertajuk "Perjalanan Religi".

Dalam konser yang digelar di Lapangan Ponpes As Shidiqi itu, Iwan Fals dan Sastro Al Ngatawi mengajak masyarakat setempat dan para santri/santriwati untuk mengenal kembali sejarah Islam di Indonesia.

"Pondok pesantren merupakan pusat budaya dan seni, karena banyak nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan di pesantren," kata Iwan sebelum konser berlangsung.

Pihaknya berharap, dengan adanya konser ini timbul ketulusan dan doa dari para kiai agar kemakmuran bangsa tetap terjaga serta Islam dikembalikan kepada masa kejayaannya.

Sementara itu, dalam konser itu sejumlah lagu andalan Iwan Fals dibawakan, seperti Bongkar, Pesawat Tempur, Bung Hatta, Ibu, serta lainnya.

Sedangkan melalui konser ini pula, Iwan Fals juga mengingatkan tentang ancaman pemanasan global dan kebutuhan oksigen yang semakin menipis.

Hal ini diwujudkan dengan aksi menanam pohon yang dilakukan sebelum konser berlangsung, dengan mengajak sejumlah jajaran pengurus Ponpes As Shidiqi dan dilakukan secara simbolis di halaman ponpes.

"Penanaman pohon dilakukan sebagai upaya menjaga keberadaan oksigen yang dibutuhkan oleh tujuh miliar penduduk di dunia," katanya.

Konser ini merupakan rangkaian dari sejumlah kota yang disinggahi oleh Iwan Fals bersama tokoh-tokoh agama.

Sebelumnya, Iwan juga singgah di sejumlah daerah seperti Madiun, Lamongan, Bojonegoro, Ngawi dan Magetan.