erayaan HUT ke-235 Kemerdekaan Amerika Serikat tanggal 4 Juli 2011 di Kota New York diwarnai dengan pesta kembang api, yang sekaligus menandai perayaan ulang tahun ke-125 Patung Liberty.

Pesta kembang api berlangsung Senin malam bersamaan dengan penyelenggaraan Panggung Gembira di Liberty Island, pulau di sebelah selatan pusat kota New York yang merupakan lokasi Patung Liberty berada.

Panggung Gembira itu antara lain dimeriahkan oleh penyanyi pop terkenal Beyonce dan penyanyi country Brad Paisley.

"Selamat Hari Kemerdekaan 4 Juli... Semoga kalian menikmati pesta kembang api," kata Beyonce kepada para penonton usai ia melantunkan sebuah lagu patriotik "Proud to Be An American".

Tak lama kemudian kembang api warna-warni keemasan bertebaran di langit membentuk berbagai lukisan kilat menyerupai bunga.

Rangkaian pesta letusan kembang api yang juga disiarkan secara langsung oleh jaringan televisi NBC itu terus berlangsung hingga setidaknya selama 25 menit, diiringi dengan lagu-lagu patriotik maupun pop oleh para penyanyi Amerika.

Pesta kembang api di New York selama ini disebut-sebut merupakan yang terbesar di seantero Amerika Serikat.

Atraksi petasan warna-warni dengan skala besar itu setiap tahunnya disponsori oleh Macy`s, sebuah perusahaan jaringan toko eceran menengah-ke- atas di AS.


35 tahun

Macy`s, yang hingga kini telah mengusung pesta kembang api selama 35 tahun pada perayaan HUT Kemerdekaan AS di New York, menyebutkan pihaknya tahun ini mengerahkan 40.000 petasan untuk menciptakan berbagai bentuk kembang api.

Petasan-petasan itu ditempatkan di atas enam kapal keruk --yang ditempatkan di Sungai Hudson antara 20th dan 55th Street kawasan Manhattan.

Menurut Macy`s, ledakan petasan mampu membentuk kembang api di langit setinggi 304 meter sehingga memungkinkan jutaan orang yang berada dalam jarak sepanjang 3,2 kilometer dapat menikmati atraksi letusan kembang api --yang kali ini dipertontonkan melalui 50 desain dalam 17 warna.


Tradisi

Selain pesta kembang api, tradisi untuk merayakan HUT Kemerdekaan AS di kota New York dan sekitarnya diisi masyarakat setempat dengan berbagai kegiatan dan atraksi, dari pelayaran spesial 4th of July hingga kontes makan `hotdog`.

Setiap tahun, berbagai perusahaan kapal pelayaran menawarkan paket untuk menikmati malam perayaan di sekitar Hudson River dan East River --dua sungai yang mengapit Manhattan.

Pelayaran selama lima jam ditawarkan melalui paket yang harganya berkisar 85-450 dolar AS per orang.

Paket biasanya sudah termasuk minuman atau makan malam lengkap.

Masyarakat kota New York tidak sedikit yang merayakan 4th of July dengan mendatangi Coney Island, yang berada di ujung selatan kecamatan Brooklyn.

Selain menikmati pantai dan berbagai fasilitas bermain dan rekreasi --beberapa di antaranya serupa dengan yang terdapat di Dufan-Tamain Impian Jaya Ancol Jakarta, mereka juga setiap 4th of July dapat menyaksikan lomba makan `hotdog`.

Tahun ini, "Nathan`s International Hot Dog Eating Contest" di Coney Island dimenangkan oleh Joey Chestnut --merupakan kemenangan kelima kalinya secara berturut-turut.

Pria asal San Jose, California, itu merebut hadiah pertama berupa uang sebesar 10.000 dolar (Rp85,3 juta) setelah melahap 62 `hotdog` dalam waktu 10 menit.

Untuk pertama kalinya, tahun ini kontes makan `hotdog` itu juga mempertandingkan kategori perempuan.

Sonya Thomas asal Alexandria, Virginia, muncul sebagai pemenang.

Ia membawa pulang hadiah uang 10.000 dolar AS setelah menghabiskan 40 `hotdog` dalam waktu 10 menit.